06 March 2009

Cari aja di Google...


Seringkali orang kelihatan pintar bukan karena dia memang pintar, tapi karena orang lain tidak tahu lebih banyak.

Penetrasi internet di dunia sekarang ini kurang lebih 23,5 persen dari total populasi penduduk bumi sebanyak 6,7 miliar orang. Dari jumlah itu, pengguna internet di Afrika tercatat paling sedikit dibanding benua lainnya, yaitu 5,6 persen dari 900 juta populasi.


Nah, saya punya teman asal Afrika yang nampaknya tidak masuk dalam golongan 5, 6 persen itu. Hal-hal di internet yang buat kita begitu lumrah, baginya terdengar asing. Maka, beberapa hal di internet tampak begitu memukai untuknya. “Ya, saya tahu internet, tapi jarang menggunakannya,” kata dia.

Suatu hari kita belajar tentang web design. Jan Persiel dosen kami bicara panjang lebar soal prinsip-prinsip mendesain sebuah website.

“Bla…bla…bla…saya sudah terlalu banyak bicara soal teori. Ayo sekarang kita coba menganalisis tampilan sebuah situs. Kelompok 1 silakan buka situnya the New York Times. Kelompok 2 silakan cermati situsnya BBC. Kelompok 3 hmmmm…jangan situs berita ya, buka Cocacola deh,” Jan memberi tugas. Saya masuk dalam kelompok 3.

Kami pun beranjak ke ruang komputer. Seorang teman asal Afrika berbisik pada saya, ”Heru, gimana caranya kita tahu situs cocacola itu alamatnya apa?”

“Gampang, cari aja di google, ketik g o o g l e dot c o m” jawab saya enteng.

Di depan komputer kami masing-masing menganalisa sendiri dulu situs-situs itu. Gak lama kemudian temen Afrika itu datang ke meja saya.

“Heru, gw cari cocacola di google kok gak ada,” kata dia.
“Ah, masak. Ini gw dapet,” kata saya.
“Kalau lo gak percaya ayo ke komputer gw.”

Saya beranjak dari tempat duduk.

“Coba tunjukkin di mana ada cocacola di sini,” kata temen saya itu sambil memperlihatkan halaman google di komputernya.

Saya ketik kata “cocacola” dan search.

“Nah, ini situs cocacola,” kata saya.
“Ooooo…jadi harus diketik….gw cari-cari di halaman ini gak ada tulisan cocacola. Google ini halamannya putih semua....ck...ck...ck....kamu memang pintar Heru.”

!@#%^^&**()*&^....Capeeekkk daaaahhhhhh...

No comments: